Gelar Seleksi UTBK SBMPTN 2022, UTU Terapkan Protokol Kesehatan Ketat
  • UTU News
  • 17. 05. 2022
  • 0
  • 638

MEULABOH - UTU | Sekitar 1.870 peserta akan mengikuti seleksi UTBK di Universitas Teuku Umar pada tanggal 17-23 Mei 2022 untuk gelombang pertama serta 28 Mei-03 Juni 2022 untuk gelombang kedua. UTBK 2022 akan dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah.

Kepala Biro AKPK UTU Drs. H.T. Muslim Raden, M.Si yang juga wakil ketua Pelaksana UTBK UTU dalam keterangannya, Selasa (17/5/22) mengatakan protokol kesehatan dan semua aturan baru UTBK tersebut dilaksanakan demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Semua aturan tersebut diterapkan agar meminimalisasi kontak serta kerumunan orang yang dapat berpotensi menyebarkan COVID-19," kata Muslim Raden

Panitia sendiri telah melakukan berbagai persiapan, seperti mempersiapkan lokasi ujian, hand sanitizer, wastafel pencuci tangan dan alat pengecek suhu.

"Sebelum memasuki ruangan peserta masuk dengan menjaga jarak terlebih dahulu, mencuci tangan dan suhu di tubuhnya diukur serta memakai masker. Untuk pengecekan suhu tubuh peserta dilakukan oleh tim satuan tugas yang disiapkan panitia" katanya

Para calon peserta UTBK akan melalui proses pemeriksaan kesehatan, terutama pengukuran suhu. "Ketika suhu peserta UTBK ini lebih dari 37 derajat, kami sarankan untuk menuju Klinik UTU. Kalau masih di atas 37 derajat, dengan berat hati kami tidak mengizinkan yang bersangkutan mengikuti UTBK,” tutur Muslim Raden.

Pelaksanaan UTBK di UTU mengikuti SOP yang telah disiapkan pleh LMPT, yaitu satu hari dibagi dua sesi, kecuali hari jumat. Sementara waktu pelaksanaan masing-masing sesi selama 105 menit.

Selama pandemi COVID-19 berlangsung pelaksanaan UTBK harus mengikuti standard SOP pencegahan COVID-19, ada beberapa penyesuaian proses pelaksanaan dan juga waktu, berbeda dengan sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

Pelaksanaan UTBK itu sendiri difokuskan penyelesaiannya dalam 1 bulan. Jumlah peserta dalam ruangan juga sangat dibatasi, hanya 20 orang dalam satu ruangan. Para peserta juga diwajibkan memakai masker, dan para pengantar peserta tidak diperkenankan berkerumun selama berada di lokasi acara.

UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. 

Pelaksanaan UTBK tahun ini sama dengan pelaksanaan UTBK 2021 lalu, yaitu harus dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Oleh karena itu, Muslim Raden berharap pelaksanaan UTBK dapat berjalan dengan lancar.

“Karena harus dilaksanakan sesuai arahan LPTMT juga  pengawasan dari Satgas yang terlibat secara langsung, sehingga dalam penyelenggaraan UTBK tahun 2022 ini mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar.” pungkas Muslim Raden. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :