Implementasi Kampus Merdeka, Program Studi Perikanan Gelar BIMTEK Desain Modul Pembelajaran MBKM
  • perikanan
  • 24. 08. 2021
  • 0
  • 2863

MEULABOH - Program Studi Perikanan FPIK Universitas Teuku Umar gelar kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Desain Modul Pembelajaran dalam Impementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan BIMTEK tersebut diselenggarakan di Ruang Kuliah U2A-104 Gedung Terintegrasi kampus UTU selama 2 (dua) hari yaitu, pada tanggal 24-25 Agustus 2021.

Dr. Uswatun Hasanah, M.Si selaku penanggung jawab Kegiatan BIMTEK Desain Modul Pembelajaran melaporkan bahwa peserta BIMTEK merupakan perwakilan dari Dosen-dosen yang ada di Fakultas Lingkup Universitas Teuku Umar yaitu, dari Program Studi Perikanan, Program Studi Sumber Daya Akuatik, Program Studi Ilmu Kelautan, Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Kegiatan tersebut menghadirkan Narasumber Prof. Dr. Adlim, M.Sc yang merupakan Guru Besar di Universitas Syiah Kuala.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dekan FPIK UTU Bapak Prof. Dr. M. Ali S, M.Si. Dalam sambutannya tersebut bahwa kegiatan BIMTEK ini merupakan bagian dari bantuan pedanaan Program Liga 2 Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (KEMENDIKBUD RISTEK) Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dengan tema yang diangkat adalah prevalensi stunting. Kegiatan Bimtek Desain Modul Pembelajaran ini adalah salah satu program dari PKKM Universitas Teuku Umar. Harapan kami dengan kegiatan BIMTEK Desain Modul Pembelajaran ini diharapkan dapat menghasilkan Modul Pembelajaran Kampus Merdeka yang nantinya Insyaa Allah dapat menjadi contoh pembelajaran yang bisa digunakan oleh Program Studi di lingkup Universitas Teuku Umar, khususnya Program Studi Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan” ujar Dekan FPIK UTU.

Materi yang diberikan oleh Nara Sumber Prof. Dr. Adlim, M.Sc dari Universitas Syiah Kuala (USK) pada kegiatan BIMTEK Desai Modul Pembelajaran tersebut yaitu:

  1. Membedakan antara Diktat, Modul, Buku Ajar, Monograf, dan Buku Referensi,
  2. Membedah komponen modul pembelajaran
  3. Diskusi terhadap outline isi modul pembelajaran
  4. Cara mengutip refrensi tanpa plagiasi
  5. Diskusi membuat Judul dan paparan isi modul menjadi lebih atraktif
  6. Mengenal berbagai gaya penulisan referensi
  7. Memudahkan kerja melalui word processor, reference management (optional).

Hasil output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah para peserta yang mengikuti kegiatan BIMTEK tersebut mampu menghasilkan Modul Pembelajaran Kampus Merdeka yang akan digunakan oleh peserta didik khusunya di Lingkup Universitas Teuku Umar. [Afdhal]

Lainnya :