Puluhan Pemuda Kader Pariwisata Aceh Jaya dilatih Menjadi Pemandu Wisata
  • UTU News
  • 02. 07. 2022
  • 0
  • 625

MEULABOH, UTU – Puluhan masyarakat dari Gampong Lhok Bot, Lhok Buya, Gampong Baro dan Gampong Lhok Timon, Aceh Jaya dilatih keterampilan menjadi pemandu wisata. Pelatihan tourguide ini merupakan bagian dari rangkaian program Alumni Grant Scheme (AGS) yang bekerjasama  dengan Universitas Teuku UmAceh dan Jaya Mangrove Institute (AMI).

Program AGS yang dilaksanakan pada hari Sabtu 2 Juli 2022 di Aula Dinas Kesehatan Aceh Jaya tersebut ditujukan untuk mengembangkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan ekowisata di Kabupaten Aceh Jaya.

Yusnaidi, M.Comm (Mkt) Dosen Fakultas Ekonomi UTU yang juga selaku Program Team Leader dari kegiatan Australian Alumni Grant Scheme (AGS) di Aceh Jaya, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan menyiapkan sumber daya manusia lokal di bidang pariwisata  yang siap berkontribusi pada perkembangan kepariwisataan di masa mendatang. Harapannya, destinasi wisata di Aceh Jaya memiliki SDM yang mampu memasarkan potensi destinasi ekowisata sekaligus kemampuan dalam memberikan pelayanan prima kepada para pengunjung dengan kompetensi sebagai tour guide profesional.

Kegiatan ini dilaksanakan sehari penuh yang terdiri dari dua sesi. Sesi pertama penyampaian  materi tour guide and sales for ecotourism destination. Adapun sesi kedua dilanjutkan dengan Site Visit to Mangrove Park di Aceh Jaya. Para peserta mengunjungi lapangan dengan tujuan untuk mempraktekkan secara langsung perannya sebagai pemandu wisata.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Irwan Mahdi, Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Kota Sabang. Pemateri adalah alumni Program Manajemen Pariwisata dari Flinders University – Australia yang telah berpengalaman sebagai praktisi di industry pariwisata nasional. **

Lainnya :